Membangun Ekonomi Perkotaan Dengan Strategi Kolaboratif

Selama hampir 4 jam kita berdiskusi bersama HIPMI Kota Malang, CEO MalangGleerrr.com & SIKIM. Sam Joe sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Malang, mampir ke Co-Working Space MalangGleerrr.com. Tujuan utamanya untuk membahas progres dan model bisnis Warunge.id, untuk bisa bekerjsama dalam sinergi program kerja pemulihan ekonomi di Kota Malang. Kebetulan ada Mbak Icha (CEO MalangGleerrr.com) dan Sam Abdillah (Advisor Strategist Warunge.id) dari Sindikat Ekonomi Kreatif Kota Malang (SIKIM).

Setelah selesai membahas Warunge.id, diskusi dilanjutkan membahas rencana pembentukan Kolaborasi Kelompok Kerja Recovery Ekonomi di Kota Malang. Yang sedang diinisiasi oleh HIPMI Kota Malang. Mbak Icha menyampaikan bahwa Kolaborasi Kelompok Kerja Recovery di Kota Malang sudah dilakukan oleh Tim Kerja MalangGleerrr.com, yang wujud kongkritnya adalah lahirnya KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri Kota Malang. Ini sudah diinisiasi dan digerakkan oleh Tim Kerja MalangGleerrr.com sejak 9 bulan yang lalu. Hingga sampai KAMPUNG WIRAUSAHA bisa meraih prestasi di level Propinsi Jawa Timur.

KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri Kota Malang ini akan dilakukan Uji Lapangan oleh Tim Penilai dari Propinsi Jawa Timur, pada tanggal 27 – 29 Juni 2021. Uji Lapangan KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri juga akan dihadiri oleh beberapa pejabat dari Propinsi Jawa Timur. Serta juga akan dihadiri oleh beberapa investor yang hendak mengembangkan usahanya berbasis UMKM & IKM di Kota Malang.

KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri ini mempunyai data lebih dari 150 orang Wirausaha, yang bergerak dalam berbagai bidang usaha. Mulai dari pengelolaan sampah daur ulang, industri mamin (makan & minuman), kriya, fashion, jasa, dan lain-lainnya. Jadi, jika mau belajar berwirausaha, bisa langsung detang ke KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri.

Sam Abdillah sebagai Advisor Strategist Warunge.id menyampaikan bahwa pergerakan Kolaborasi Kelompok Kerja Recovery Ekonomi di Kota Malang, diharapkan mempunyai pondasi HUMANISME yang kokoh. Jadi seluruh program kerja yang hendak dijalankan nantinya, benar-benar mampu memfokuskan diri untuk melahirkan SOLUSI dalam berbagai masalah-masalah dan isu-isu yang berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup umaty manusia dan lingkungannya. Bukan semata-mata mengejar profit/ keuntungan secara ekonomis semata-mata. Sam Abdillah juga menyampaikan bahwa selama ini masih sangat kental mindset pemberdayaan ekonomi hanya sebatas selesai di program kerja saja. Setelah difoto-foto, kemudian selesai. Tidak ada kelanjutannya. Terlebih lagi, para pelaku UMKM & IKM, hanya dimanfaatkan untuk sekedar menggugurkan kewajiban tupoksi dinas saja.

Sam Joe sebagai Ketua HIPMI Kota Malang menyampaikan bahwa pembentukan Kolaborasi Kelompok Kerja Recovery di Kota Malang, yang diinisiasi oleh HIPMI Kota Malang, sangat terbuka untuk berbagai masukan dan kerjasama dari berbagai pihak. Untuk selanjutnya, HIPMI Kota Malang akan hadir dalam kegiatan Uji Lapangan KAMPUNG WIRAUSAHA di Kelurahan Gadingkasri bersama Tim Kerja MalangGleerrr.com dan SIKIM. Agar bisa lebih memantapkan langkah-langkah dan program kerja selanjutnya. Beberapa yang sedang disiapkan adalah Kelurahan Ksatrian (Rencana: Kampung Inovasi Ketahanan Pangan Nusantara) dan Kelurahan Wonokoyo (Rencana: Kampung Ekonomi Wisata Halal).

Silahkan hadir di kegiatan Uji Lapangan KAMPUNG WIRAUSAHA Kelurahan Gadingkasri Kota Malang, pada tanggal 27 – 29 Juni 2021. Semoga kita bisa menjalin kerjasama dan kolaborasi untuk bersama-sama bangkit pulih secara ekonomi, sosial dan budaya. Recovery dalam semangat HUMANISME.

Wahyu Eko Setiawan/ Sam WES
CEO Warunge.id

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

  1. :Sam Abdillah juga menyampaikan bahwa selama ini masih sangat kental mindset pemberdayaan ekonomi hanya sebatas selesai di program kerja saja. Setelah difoto-foto, kemudian selesai. Tidak ada kelanjutannya. Terlebih lagi, para pelaku UMKM & IKM, hanya dimanfaatkan untuk sekedar menggugurkan kewajiban tupoksi dinas saja”
    Ini kalimat yg sangat kurang ajar sekali.
    Atas dasar apa bicarabseperti ini
    Silahkan turun ke Komunitas UMKM Kota Malang.
    Dan silahkan ketemu saya

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini

%d blogger menyukai ini: