Meningkatkan Kapasitas Perempuan di Politik, KPPI Provinsi Banten gelar Pelatihan Politik Perempuan.

Serang – Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Banten bekerja sama dengan Pusat Kajian Politik  Universitas Indonesia (PUSKAPOL UI) gelar Pelatihan Pendidikan Politik bagi Perempuan dan Lembaga Kemasyarakatan yang diselenggarakan di Sekretariat KPPI Provinsi Banten, Kota Serang. Selasa (27/6/2022).

Pelatihan dilakukan sejak tanggal 27 sampai 28 Juni 2022 dan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta dari pengurus KPPI dan Lembaga Kemasyarakatan se-Provinsi Banten.

Ketua KPPI Provinsi Banten Encop Sopia, MA mengatakan, KPPI Provinsi Banten ingin memberikan secara teknis terkait kerja advokasi yang pro terhadap gender.

“Mudah-mudahan ini menjadi satu pengetahuan secara sistemik yang bisa ditempuh oleh teman-teman baik diinternal KPPI Provinsi maupun di kabupaten/kota,” ujar Encop di Sekretariat KPPI Provinsi Banten, Selasa (28/6/2022).

Encop mengungkapkan, output dari pelatihan ini para peserta bisa melakukan advokasi menyusun Raperda yang akan menjadi usulan dari KPPI baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Bagaimana kita ingin melakukan advokasi menyusun Raperda yang akan menjadi usulan KPPI provinsi maupun kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurut Encop, PUSKAPOL UI merupakan lembaga yang sangat mumpuni dalam memberikan materi kepolitikan sehingga materi-materi yang disampaikan bisa diaplikasikan di Banten.

“Modul-modul dari PUSKAPOL UI terkait dengan kerja kebijakan publik bisa diaplikasikan di Banten,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap KPPI baik provinsi maupun kabupaten/kota bisa melakukan advokasi kebijakan baik berupa peraturan daerah atau peraturan lain yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Direktur PUSKAPOL UI, Hurriyah mengatakan, peningkatan kapasitas perempuan menjadi sebuah kebutuhan karena kerja politik adalah untuk meningkatan kapasitas agar bisa mendorong advokasi kebijakan yang ada.

“Ini adalah inisiatif yang sangat luar biasa, karena bukan hanya untuk pengurus KPPI Provinsi Banten tetapi juga melibatkan teman-teman KPPI tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sintiya pengurus KPPI Kabupaten Tangerang sekaligus peserta pelatihan, mengapresiasi kegiatan pelatihan politik yang diselenggarakan oleh KPPI Provinsi Banten.

“Acaranya sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tentang advokasi dan pembuatan kebijakan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai persiapan dari kader KPPI yang tergabung di partai politik untuk bersiap pada Pemilu 2024 mendatang.

Penulis : Hamidah

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini