23 April Hari Buku Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Damar Banten – Tepat hari ini, 23 April 2021 adalah peringatan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia.


Dilansir dari laman resmi UNESCO, momentum Hari Buku dijadikan sebagai perayaan untuk mempromosikan kenikmatan dalam membaca. Setiap tahun, pada tanggal 23 April perayaan berlangsung di seluruh dunia untuk mengenali pentingnya membaca buku untuk masa depan.
Dengan adanya pembatasan aktivitas saat ini, lewat membaca dan merayakan Hari Buku dan Hak Cipta sedunia, kita bisa mambuka diri terhadap orang lain meski ada jarak, dan kita bisa berpergian berkat imajinasi.


Sementara itu, dari laman resmi United Nation, mengatakan dari 1 April hingga 23 April, UNESCO akan membagikan kutipan, puisi, dan pesan untuk melambangkan kekuatan buku dan mendorong pembaca sebanyak mungkin.


“Dalam kesempatan ini, kami mengundang siswa, guru, dan pembaca dari seluruh dunia, serta seluruh industri buku dan layanan perpustakaan, untuk bersaksi dan mengungapkan kecintaan mereka pada membaca. Kami mendorong anda untuk membagikan pesan positif ini kepada orang lain melalui #StayAtHome dan #WorldBookDay”, tulis United Nation dari klaman resminya.


Sejarah Hari Buku Sedunia
Dikutip dari nationaltoday.com, Hari Buku Sedunia ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada tanggal 23 April 1995. Tanggal ini dipilih karena merupakan wafatnya William Shakespeare dan penulis sejarah Spanyol terkemuka Inca Garcilaso de la Vega.


Sebelumnya ada beberapa gagasan tentang kapan Hari Buku Sedunia harus diperingati. Awalnya penulis Valencia Clavel Andres menyarankan bahwa hari itu haruslah pada hari yang dihormati oleh penulis Miguel de Cervantes. Ini berarti bahwa itu bisa jadi pada hari ulang tahunnya pada 7 Oktober atau hari kematiannya tanggal 23 April. Karena hari kematiannya bertepatan dengan tanggal dimna William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega juga meninggal, maka tanggal 23 April ini terpilih.
Pada tangal yang sama, penulis terkenal seperti William Wordsworth dan David Halberstam meninggal dunia.


Namun, diseluruh dunia ada banyak tanggal lain dimana Hari Buku Dunia berlangsung. Seperti, Inggris, Swedia, dan Irlandia merayakan Hari Buku Dunia pada tanggal yang berbeda.

Penulis : Hamidah

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini