Japrak Usil

Lebih 30 tahun silam, beliau menyambangi teman-teman aktivis mataram. Hampir bersamaan, datang aktivis Forum Diskusi Perempuan Yogyakarta (FDPY) yangg dipimpin mbak lies yang akan berdiskusi dengan teman teman Forum Komunikasi Perempuan Mataram (FKPM) dibawah pimpinan erna, yang berdiskusi di gelanggang pemuda.

Pada waktu itu, saya sedang kurang sehat yang kemudian diketahui kena virus hepatitis. Kedatangan mereka di tengah kesibukan teman-teman aksi di kampus Unram . Dalam ingatan Moh. Syafiq, Mantan Ketua Presidium Senat Mahasiswa Universitas Mataram.


Japrak (Nama panggilan dari Himawan Sutanto) saat itu berambut gondrong datang ke mataram nginap juga di kos Abah Syafiq gunung kawi kebetulan saat kita lagi runyam Demo GAP 90 (Aksi Gerakan Anti Pembodohan sekitar Mei 1990 berlangsung lama dua minggu hingga dipenuhi nya tuntutan Mahasiswa Unram : Turunkan uang wisuda KKN dan Kebebasan Mimbar Mahasiswa serta kebebasan Pendidikan Politik). Tapi beliau sudah jalan lagi keliling silaturahmi Bali Jawa saat aksi masih berlangsung.

Tapi itulah kenangan mengenalnya pertama kali. Duta Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta (FKMY) untuk konsolidasi gerakan mahasiswa.

Sepanjang di Mataram, tiada henti beliau diskusi, bercanda dan berkesenian karena beliau memang anak ISI.

Sejak itulah saya mengenal dan sering bertemu dengannya di berbagai pertemuan mahasiswa atau aksi. Termasuk reboan Indemo, yang saat ini berlangsung dengan zoom. Keakraban pun terjalin.

Terakhir kali dialog, entah beliau sakit atau belum, 7 juli 2021, via wa. Saya berharap karyanya yang senantiasa menyambangiku setiap hari, kartun (Japrak Usil), agar berisi kritik masalah strategi kampanye covid-19.

Tiga hari lalau saya dengar engkau sakit. Saat mendengar berita bahwa engkau telah di bawa ke Rumah Sakit Pasar Minggu dan diabetnya sedang tinggi, tetapi katanya baikan. Ada kelegaan, dan mungkin kita masih saling sapa dan bercanda lagi, seraya jagongan politik seperti biasanya, kalau kita bersua sepanjang lebih 30 tahunan. Tentu juga nenyinggung tentang keluarga kita.

Ah…. japrak … ternyata engkau lebih dulu meninggalkan aku dan teman lainnya. … Kini hanya doa dan kenangan yang dapat kupahat, tak ada lagi kopi yang mengasyikkan diantara kita berrerasan. Selamat jalan kawan… InsyaAllah husnul khatimah. Saya bersaksi engkau orang baik hati. Salah satu teman diantara FKMM (Forum Komunikasi Mahasiswa Mataram), FKMY (Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta) dan gerakan mahasiswa kala itu. Tentu di Prodem.

Serang, 12 Juli 2021
Rusdi Tagaroa

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini