Mahasiswa UIN Jakarta Mengadakan KKN di Desa Rajeg Mulya Tangerang

Tangerang – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Rajeg Mulya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Program KKN ini adalah program rutin tiap tahunnya dari UIN Jakarta, berbeda dari tahun sebelumnya, adanya perubahan model KKN di tahun 2022 ini, yakni program pengabdian kepada masyarakat (PpMM) atau KKN-PpMM. Hal ini yang di tunggu-tunggu oleh mahasiswa karena pada tahun 2019-2021 merupakan pengabdian berbasis KKN dari rumah atau KKN DR, dan pada tahun ini tempat berlangsungnya program KKN ditentukan oleh Universitas yang diatur oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebagai bentuk Pengabdian Mahasiswa Terhadap Masyarakat. Mahasiwa yang berjumlah 22 orang dari berbagai bidang studi mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan diperkuliahan kepada Masyarakat, khususnya Desa Rajeg Mulya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Program KKN secara resmi dibuka pada Selasa, 27 Juli 2022 oleh Sekretaris Desa Rajeg Mulya, Rifaldi, dan turut dihadiri oleh berbagai pihak, seperti BPD, Babinsa Kecamatan Rajeg, Binamas Rajeg, RW, PKK, dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Rajeg Mulya.

Kelompok 161 KKN-PpMM yang bernama Abhinaya Atypic, mempunyai 6 program yang akan di jalankan selama KKN, yakni bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi kreatif, bidang lingkungan hidup, dan bidang digitalisasi desa (Digides).

“Rencana kegiatan KKN di desa rajeg Mulya ini ada 6 bidang yaitu bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi kreatif, bidang lingkungan hidup, dan bidang digitalisasi desa (Digides),” ucap Muhammad Ashab selaku ketua kelompok dalam sambutannya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Rifaldi, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan KKN mengatakan, agar teman-teman mahasiswa bisa membantu desa untuk mengedukasi masyarakat dalam hal kebaikan maupun pengetahuan-pengetahuan yang di peroleh dari kampus dan di saluran kepada masyarakat.

“Untuk kawan-kawan yang sedang KKN, kami berharap bisa membantu desa untuk mengedukasi masyarakat tentang apapun kebaikan-kebaikan maupun pengetahuan-pengetahuan dari kawan-kawan, sebagai informasi, kami yang dulunya desa yang mana masih berfikiran untuk hidup di lapangan, bertani dan bertanam, kini banyak masyarakat kota yang hijrah ke desa, ini yang menjadi pengaruh baru bagi kami untuk menyikapi paradigma-paradigma baru,” ujarnya.

Penulis : Khairul Halim

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini