Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan Manusia

Damar banten – Bunga kenanga atau ylang-ylang ini tidaklah asing bagi masyarakat Indonesia, bunga ini sering digunakan untuk berbagai keperluan. Dari digunakan untuk parfum sampai digunakan untuk aromaterapi.

Bunga kenanga ini banyak tumbuh di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, kenanga tumbuh hampir di seluruh wilayah dan tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi, sehingga mudah diperoleh bahkan sekarang secara online baik kering maupun minyak ekstraknya.

Sebagian besar manfaat bunga kenanga, berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya.
Dilansir dari alodokter.com bunga kenanga memiliki 5 manfaat bagi kesehatan manusia yaitu :

  1. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

Minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan stres dan tingkat kecemasan serta dapat meningkatkan rasa percaya diri. Untuk mendapatkan manfaat tersebut anda bisa menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga.

  1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi telah mengungkap bahwa kandungan yang ada di minyak esensial bunga kenanga ini dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik serta melambatkan detak jantung. Bagi penderita penyakit hipertensi sangat dianjurkan memanfaatkan minyak esensial bunga kenanga.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Minyak esensial bunga kenanga dapat meningkatkan kualitas tidur, dikarenakan kenanga diketahui memiliki senyawa linalool yang dapat menghasilkan efek sedatif (penenang). Selain senyawa ini juga bisa membuat penurunan aktivitas saraf di otak sehingga menimbulkan efek ngantuk.

  1. Mencegah dan meringankan gejala asma

Minyak esensial bunga kenanga juga dapat mencegah kambuh nya penyakit asma. Setelah menggunakan obat medis untuk serangan asma, Anda bisa mengoleskan minyak esensial di dada dan menghirupnya selama 15-20 menit.

  1. Mengobati infeksi jamur

Bunga kenanga juga dinilai sangat efektif untuk mengobati infeksi jamur, terutama infeksi Candida Albincans. Selain itu kenanga juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi.

Selain memiliki manfaat yang disebutkan diatas, bunga kenanga juga memiliki manfaat untuk pengobatan malaria, asam urat dan sebagai penambah libido. Namun manfaat ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Efek samping bunga kenanga

Dibalik baiknya manfaat minyak esensial bunga kenanga ini ternyata memiliki efek samping yang kurang baik bagi sebagian orang. Seperti yang di lansir oleh kompas.com bahwa bunga kenanga mengandung beberapa alergi ( pemicu alergi ) seperti isougenol yang bisa menyebabkan dermatitis kontak dan bisa menyebabkan iritasi kulit saat dioleskan langsung tanpa dicampur dengan minyak carrier.

Selain itu juga bunga kenanga sangat beracun bagi anjing dan kucing. Maka dari itu, jauhkanlah bunga kenanga dari keduanya.

Sebelum mengunakan minyak bunga kenanga sebaiknya harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang akan merugikan kesehatan.

Penulis : Fiqri Udayana

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini