Sejarah Hari Anak Internasional

Damar Banten – Hari ini, 1 Juni diperingati berbagai negara sebagai Hari Anak Internasional atau Hari Perlindungan Anak Sedunia.

Hari Anak diciptakan untuk mengubah cara anak dilihat dan perlakukan oleh masyarakat dan juga bertujuan untuk mensejahterakan anak.

Hari Anak Internasional (International Children’s Day) berbeda dengan Hari Anak Universal (Universal Children’s Day) yang biasa diperingati pada setiap tanggal 20 November.

Dikutip dari lama resmi compassion.com peringatan Hari Anak Internasional pertama kali dimulai di Amerika pada tahun 1856 oleh Dr. Charles Leonard, seorang pendeta dari Universalist Church of the Redeemer di Chelsea, Massachusetts.

Saat itu, ia mengadakan kebaktian khusus yang berfokus pada anak-anak. Selama bertahun-tahun beberapa pihak merekomendasikan perayaan tahunan diadakan untuk anak-anak. Sayangnya tidak ada tindakan yang nyata dari pemerintah mengenai Hari Anak.

Presiden sebenarnya sudah menetapkan Hari Anak Nasional tetapi tidak ada perayaan tahunan resmi Hari Anak Nasional yang ditetapkan di Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 1925 Konferensi dunia untuk Kesejahteraan Anak menyatakan 1 Juni sebagai hari untuk menarik perhatian dunia terhadap masalah yang mempengaruhi anak-anak.

Hari Internasional untuk Perlindungan Anak baru ditetapkan dan dirayakan secara universal pada tahun 1954 yang bertujuan untuk melindungi hak-hak anak, mengakhiri pekerja anak dan menjamin akses pendidikan dan kesehatan.

Penulis : Hamidah

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini