Sejarah hari pendidikan nasional

Damar Banten – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tahun ini bertepatan dengan hari Minggu, 2 Mei 2021.

Hari Pendidikan Nasional tidak terlepas dari peran Ki Hajar Dewantara, seorang Pahlawan Nasional Indonesia dan juga dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional dimana tanggal 2 Mei juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Dilansir dari wikipedia, peringatan Hari Pendidikan Nasional berdasarkan surat keputusan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat Yogyakarta, keluarga Pakualaman, lahir pada 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat.

Ki Hajar Dewantara menamatkan sekolah di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) namun karena kondisinya yang sakit ia tidak melanjutkannya.

Selanjutnya, Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan di beberapa surat kabar seperti Sedyotomo, Midden Java, Dr Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara.

Lewat tulisannya ia melakukan kritikan mengenai pendidikan di Indonesia yang hanya di nikmati oleh keturunan Belanda dan orang kaya saja, bahkan tulisannya yang fenomenal dan akhirnya diasingkan ke Belanda yakni “Als ik een Nederlander was” atau ‘seandainya aku orang Belanda.’

Setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Beliau tidak hanya mendirikan sekolah tetapi juga membuat konsepsi taman siswa yang diakui dalam dunia pendidikan.

Lalu, setelah kemerdekaan Indonesia Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan.

Selanjutnya, untuk mengenang jasa-jasa Ki Hajar Dewantara, setiap tanggal 2 Mei yang merupakan hari lahirnya, pemerintah Indonesia menetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Penulis : Hamidah

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

[td_block_social_counter style=”style10 td-social-boxed td-social-colored” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6Ii0zMCIsImRpc3BsYXkiOiIifSwicG9ydHJhaXQiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdF9tYXhfd2lkdGgiOjEwMTgsInBvcnRyYWl0X21pbl93aWR0aCI6NzY4fQ==” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″ manual_count_facebook=”-” manual_count_instagram=”-” manual_count_youtube=”-” manual_count_twitter=”-” social_rel=”noreferrer” f_btn_font_size=”24″ f_counters_font_size=”1″ f_network_font_size=”0″ custom_title=”Tetap Terhubung” instagram=”mediadamarbanten” youtube=”UCD_7mC_5FljWo0_6O0u1WHw” twitter=”BantenDamar” facebook=”Damar-Banten-100155068840182″]
- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini