Selamat Ulang Tahun ke-120 Bung Karno!

Damar banten – Tepat pada hari ini 06 Juni Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno Lahir 120 Tahun yang lalu. Beliau putra dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan ibunda Ida Ayu Nyoman Rai.

Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 lalu, Meski tokoh penting bagi kemerdekaan Indonesia itu telah tiada, namun tidak dengan cita-cita dan gagasannya

Dikutip dari wikipedia bahwa Soekarno adalah orang pertama yang mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Soekarno membantu memperjuangkan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Hingga kini, jasa-jasa dan segala bentuk Perjuangan Soekarno tetap dikenang oleh Masyarakat Indonesia.

Selain itu juga patung Soekarno dapat ditemukan di beberapa kota-kota besar di Indonesia, bahkan patung Soekarno juga dapat ditemukan di Madame Tussauds Bangkok. Dia adalah Tokoh pertama yang dijadikan Patung diluar negeri.

Saat beliau meninggal pada 21 Juni 1970, Soekarno pun meninggalkan begitu banyak kenangan berharga untuk bangsa Indonesia, diantaranya adalah kata-kata Soekarno yang selalu didengungkan dan sudah tersebar luas.

  1. “Kemerdekaan barulah Kemerdekaan sejati, jikalau dengan kemerdekaan itu Kita menemukan kepribadian kita sendiri.”
  2. “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” Hal ini menyiratkan makna jika para pemuda adalah manusia yang enerjik, aktif dan memiliki semangat serta daya juang yang luar biasa.
  3. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”
  4. “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.” Kata-kata ini diucapkan Soekarno dalam pidatonya pada HUT Proklamasi tahun 1949.
  5. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”
  6. “Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.”
  7. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”Ucapan ini masuk dalam pidato Bung Karno pada HUT Proklamasi 1966.
  8. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” Kalimat inilah yang paling terkenal di antara kata-kata Soekarno lainnya. Hingga kini, kalimat ini masih sering didengungkan saat Hari Pahlawan.
  9. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”
  10. “Walaupun jembatan emas di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis.”

Itulah beberapa kata-kata yang dikeluarkan dari mulut sang Proklamator. Hingga saat kini, jasa-jasa dan segala bentuk perjuangan Soekarno tetap dikenang oleh masyarakat Indonesia.

Penulis : Fiqri Udayana

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini