Setiap Tanggal 22 Juli Diperingati Hari Kejaksaan, Begini Sejarahnya

Damar Banten – Hari Kejaksaan Republik Indonesia atau Hari Bhakti Adhyaksa diperingati setiap tanggal 22 Juli. Penetapan tanggal tersebut dilatarbelakangi oleh berdirinya Kejaksaan RI, yakni pada 22 Juli tahun 1960, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 204/1960. Tahun ini, Kejaksaan RI tepat mencapai umurnya yang ke 61 tahun.


Berdasarkan catatan Kominfo di situs resminya, Kejaksaan RI sudah lama menjadi tulang punggung dalam upaya menegakkan hukum di Indonesia.


Kejaksaan mulai berdiri menjadi lembaga mandiri sejak 22 Juli 1960 dengan dasar Surat Keputusan Presiden RI No.204/1960. Inilah yang menjadi dasar penetapan Hari Bhakti Adhyaksa.
Dikutip dari Majalah Adhyaksa Indonesia, kata jaksa pada masa kini merujuk pada kata dhyaksa dari bahasa Sansekerta pada era kerajaan sebelum kolonialisme menguasai Nusantara.


Pada masa Pemerintahan Majapahit telah memiliki sistem pengadilan dengan ‘Dhyaksa’ yang bertugas menangani masalah peradilan.
Selanjutnya, masyarakat Nusantara menyebut seseorang yang ahli di bidang peradilan sebagai Jaksa.


Sejarah bergeser ke zaman pendudukan Jepang, di mana pada saat itu kejaksaan merupakan satu-satunya lembaga yang berhak mengadili seseorang.


Dasar hukum dalam pembentukan lembaga tersebut adalah Osamu Seirei No.3/1942, No.2/1944 dan No.49/1944.


Setelah masa penjajahan, dan Indonesia berhasil merdeka, barulah dibentuk lembaga-lembaga lainnya yang dapat membantu kerja dari jaksa dalam memastikan ketertiban umum.
Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia terdapat pada Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945, diperjelas pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 2/1945.


Kejaksaan pada saat pertama kali dibentuk berada dalam lingkup Departemen Kehakiman, dengan Jaksa Agung pertama Gatot Taroenamihardja.


Barulah pada tahun 1960 tepatnya pada tanggal 22 Juli Kejaksaan terpisah dengan departemen kehakiman dan berdiri sendiri hingga saat ini.
Pada masa Orde Baru, UU tentang kejaksaan dirubah menjadi UU No.5/1991.


Berselang 13 tahun, pada era Reformasi terdapat perubahan lewat UU No.16/2004 di mana kejaksaan disebut sebagai lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain.


Kini setiap tahunnya, setiap tanggal 22 Juli diperingati Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa sebagai hari pengabdian yang dilakukan oleh para anggota Kejaksaan RI.
Hari Bhakti Adhyaksa umumnya dilakukan beberapa kegiatan meliputi upacara, syukuran hingga beberapa kegiatan sosial.


Itu tadi sejarah singkat mengenai Hari Kejaksaan yang diperingati setiap tanggal 22 Juli 2021

Penulis : Iqbal

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini