Tips Enam Cara Sehat Berpuasa

Puasa adalah ibadah wajib bagi seluruh umat muslim. Selama menjalankan ibadah puasa,  tubuh dipaksa untuk menahan rasa haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam dalam sehari. Oleh karena itu, tidak jarang, saat menjalankan ibadah puasa,  tubuh terasa lemas dan tidak berenergi. Untuk mengatasi masalah itu, mengatur pola hidup yang sehat sangat penting dilakukan agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik. Berikut tips sehat menjalankan ibadah puasa:

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Seperti yang dianjurkan oleh pakar konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan kekurangan ion pada tubuh. Hal ini dapat dibagi  menjadi 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat sebelum atau sesudah tarawih, 2 gelas saat sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Berbuka dengan yang Manis

Seperti dilansir oleh lifestyle, kadar gula yang turun selama pagi hingga sore hari bisa segera dinaikan dengan makanan yang manis. Meski demikian, konsumi makanan yang manis juga tidak boleh berlebihan. Pilihlah buah-buahan dan kurma sebagai pengganti makanan dan minuman dengan kandungan gula yang rendah.

3. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat membuat pencernaan tidak berfungsi secara normal. Selain itu, minuman bersoda dapat membuat sulit tidur dan menimbun banyak lemak di tubuh.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur terutama saat sahur dapat mengurasi rasa lapar di siang hari kerena kandungan serat pada sayur dan buah dapat membuat proses pencernaan lebih lama.

5. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Seperti dilansir oleh kesmas Makanan berminyak dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah sehingga aliran oksigen menjadi berkurang dan mengakibatkan mengantuk pada siang hari.

6. Lakukan Aktivitas Fisik

Melakukan akitivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini