Agenda Penting Kembalikan Demokrasi Sesuai Konstitusi

Bicara demokrasi di Indonesia ini, dalam praktek kita banyak dipengaruhi oleh demokrasi model Anglo Amerika yang bicara lebih banyak dalam konteks demokrasi politik.

Sehingga pilar penting demokrasi ekonomi akhirnya dilupakan dan ditinggal di buritan kita terjebak dalam sistem demokrasi liberal kapitalistik. Saya pada satu kesimpulan pada sebuah aksioma dimana demokrasi politik tanpa demokrasi ekonomi itu sama dengan sedang membangun sistem anti demokrasi karena hanya lahirkan sistem plutokrasi dan oligarki.

Indonesia itu mewarisi kesenjangan struktural ekonomi akibat sistem kolonial, untuk itulah kita secara konstitusional memilih jalan demokrasi ekonomi sebagai sistem, tapi sampai hari ini perubahan struktural itu tidak berjalan. Dari rezim ke rezim hari ini bekerja terlalu pragmatis mengadopsi kepentingan kapitalisme global yang didoktrinkan oleh negara negara maju dalam trimatra globalisasi : deregulasi, liberalisasi dan privatisasi.

Untuk itu agenda demokratisasi ekonomi itu menurut saya sangat penting untuk mengeser dominasi demokrasi dari tangan para oligarki, dan juga jebakkan panjang negara maju yang menjebak dalam model neo kapitalisme ala barat model negara kesejahteraan atau welfare state.

Beberapa agenda demokratisasi ekonomi di antaranya adalah :

  1. Perlunya pendapatan minimum warga negara dari sumber fiskal untuk pastikan tak ada yang mati kelaparan
  2. Pembagian saham untuk buruh dan syukur ke sistem pembagian saham buruh demokratis
  3. Pembatasan rasio gaji teratas dan terbawah yang dari banyak perusahaan dan organisasi yang sudah keterlaluan
  4. Laksanakan reformasi agraria sejati sampai dengan ke tata kelola sistem ekonomi pangan
  5. Hentikan jebakan pertumbuhan ekonomi konstan yang masuk melalui skema utang haram, investasi sektor komoditi ekstraktif yang merusak dan juga disandera oleh oligopoli internasional, penyerobotan tanah dan jebakan import pangan
  6. Koperasikan Badan Usaha Milik Negara
  7. Hentikan model kebijakan paket input dan perkuat kelembagaan ekonomi milik masyarakat seperti koperasi dan perusahaan mutual
  8. Bentuk UU Sistem Perekonomian Nasional seperti perintah Konstitusi
  9. Kembangkan kelembagaan ekonomi demokratis model koperasi dengan hancurkan hambatan dan diskriminasi yang selama ini diperlakukan kepada bangun perusahaan yang sesuai dengan demokrasi ini

Demekian agenda penting demokratisasi ekonomi untuk hancurkan ke akar akarnya sistem oligarki atau kuasa di tangan elit politik kaya dan elit politik saat ini.

Purwokerto, 9 April 2022

Penulis : Suroto

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini