Ngopi-Ngopi Cantik

Kopi adalah minuman yang sangat populer dan digemari di seluruh dunia, karena cita rasanya yang sangat khas dan enak di lidah para penikmatnya. Kini olahan minuman kopi sudah beraneka ragam jenisnya, ada olahan kopi produk lokal maupun produk import, yang masing-masing memiliki cita rasanya yang khas pula.

Saat ini menikmati kopi tempatnya bukan hanya di rumah atau di warung-warung tradisional saja, kini menikmati kopi sudah biasa dilakukan tempat-tempat elit, seperti di cafe, di mall, di Hotel, di lokasi pariwisata dll. Menurut sebagian orang, waktu menikmati kopi yang paling pas adalah saat pagi hari sebelum beraktivitas, saat bekerja, saat menikmati musik, saat merokok, saat membaca, saat mencari inspirasi dan berbagai aktivitas lainnya.

Ngopi-ngopi cantik dimaksud, bukanlah bermakna duduk ngopi-ngopi di cafe dengan wanita cantik. Ngopi-ngopi cantik yang dimaksud adalah duduk ngopi-ngopi di cafe dengan teman atau relasi, sambil bertukar mimpi, ide gagasan dan mencari terobosan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Tertulislah kisah di akhir abad 19, ketika ketiga orang sedang ngopi-ngopi cantik di pinggiran kota New York. Tiba-tiba melintas sebuah kereta kuda dengan cukup kencang. Lalu salah seorang dari mereka berkata, “Ini dia, bisnis yang paling menguntungkan 100 tahun ke depan, adalah memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan nyaman.”

Ketiganya sepakat untuk membuat kereta listrik (baca: mobil listrik). Yang pertama seorang tukang dinamo yang bernama Thomas Alfa Edison. Dia menggabungkan perusahaan dinamonya dan mendirikan General Electric tahun 1892.

Satunya lagi mendirikan bodi mobilnya dan sistem mekaniknya. Dia adalah Henry Ford yang mendirikan Ford Motor Company (FMC) tahun 1903. Satu lagi, Harvey Firestone, yang punya pabrik karet lalu mendirikan pabrik ban yang mensupply mobil tersebut. Pabrik ban itu diberi nama Firestone tahun 1900.

Namun sayang setelah sekian lama ditunggu, mobil listrik yang digagas tersebut tak pernah terwujud karena berbagai kendala teknis dan pertimbangan bisnis.

Apa pelajaran yang bisa dipetik dari kisah tersebut:

Pertama, kita kudu sering ngopi-ngopi cantik dengan rekan-rekan kita. Siapa tahu peluang bisnis muncul secara tidak terduga, “This is the power of network, and the power of relation ship”.

Kedua, orang sering gagal karena memperebutkan rejeki kecil, bahkan bila perlu mematikan usaha orang lain. Orang sukses kalau menemukan rejeki besar, dia akan membagikan ke orang lain, karena dia sadar tidak mungkin semuanya dimakan sendiri.

Ketiga, kereta listrik yang dicita-citakan di awal, ternyata hanya mimpi belaka, hingga ditemukannya mobil listrik pada tahun 2014. Itupun bukan FMC yang pertama kali membuatnya, tetapi produsen mobil Nissan asal Jepang, yang diberi nama Leaf. FMC Justru Mengembangkan mobil berbahan bakar fosil (bensin atau solar).

Bermimpi untuk mewujudkan sesuatu yang diluar nalar bukanlah hal yang dilarang, bahkan menggeser mimpi pun bukanlah barang haram. Yang lebih penting adalah mewujudkan mimpi walau kondisinya tidak persis sama dengan mimpi aslinya.

Seringlah ngopi-ngopi cantik dan bermimpilah, karena dari ngopi-ngopi cantik dan mimpi, akan melahirkan ide-ide dan gagasan-gagasan yang orisinil dan brilian yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

By Imran Said

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini