Sejarah Hari Buruh Internasional

Damar Banten – Hari ini, 1 Mei 2021 merupakan peringatan Hari Buruh Internasional atau biasa dikenal dengan istilah May Day.

Dilansir dari Wikipedia, Hari buruh lahir karena adanya perjuangan para kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi politis dan hak-hak industrial di Amerika Serikat.

Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja ditingkatan pabrik melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Kemudian, pada tanggal 1 Mei 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran.

Hal ini dilakukan untuk menuntut Pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.

Bukan hanya di Amerika Serikat, diberbagai negara juga terjadi permogokan buruh untuk menuntut perlakuan yang lebih adil.

Pada tanggal 4 Mei 1886, para demonstran melakukan pawai besar-besaran. Kemudian polisi Amerika menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap dan dihukum mati.

Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di Amerika Serikat pada tanggal 1 Mei tersebut sebagai Hari Buruh Sedunia.

Sejak tahun itu, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day di berbagai Negara.

Penulis : Hamidah

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini