Pejabat Anti Koperasi

Kenapa pejabat koperasi kita sekarang hobi banget pakai istilah korporasi, bukan koperasi? Dan bahkan koperasi pingin dikorporatisasikan???…..termasuk ikut ikutan secara ngawur dukung korporasi Holding Ultra Mikro kapitalis?

Jawabanya begini, kata Prof Hans Muhkner, pakar koperasi dunia pernah mengatakan, negara yang tadinya sistem politiknya sentralistik dan pengembangan koperasinya itu bersifat top down ( atas bawah) , maka dalam pengembangan koperasi selanjutnya akan mendapat dua tantangan besar dari politisi dan bahkan para aktifis sosial.

Dari politisi biasanya ingin segera kompatibilitaskan koperasi ke sistem global kapitalis sehingga mereka akan usulkan pembesaran dana pembina(sa)an.

Satunya lagi katanya, stigmatisasi berlebihan dari para aktifis sosial yang anggap koperasi itu adalah produk gagal dari negara…..

Pak Menteri Koperasi, Teten Masduki yang mantan aktifis anti korupsi ini sepertinya memilih dua duanya : ingin perbesar dana APBN kementerianya agar koperasi segera kompatibel dengan pasar global kapitalis, tapi juga emoh gunakan istilah koperasi dan bahkan tiap bicara inginya korporatisasi koperasi, korporatisasi petanilah dan lain-lain. Sadis lagi, dukung korporasi Holding Ultra Mikro yang jelas jelas bunuh koperasi.

(Suroto, 28 Juni 2021)

BERITA TERKAIT

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini