PPK Air Baku BBWS C3 Tanggapi Keresahan Warga (2)

Baca sebelumnya: Pembangunan Intake Ciujung Resahkan Masyarakat (1)

Menanggapi keresahan masyarakat, terkait pembangunan Intake di Sungai Ciujung, Pejabat Pembuat Komitmen Air Baku Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (PPK BBWS C3),  Bima Ragil menampik anggapan yang seolah-olah pembangunan intake ini dilakukan tanpa sosialisasi. Dipastikannya, sosialisasi sudah dilaksanakan di dua desa, yaitu di Desa Pegandikan dan Desa Puser.

 “Coba temui Pak Pandu (Pelaksana, red). Waktu sosialisasi diundang semua kok,” ujarnya, menjawab Damarbanten.com, di kantor BBWS C3, Kamis (25/03/2021).

 Pada kesempatan terpisah, menjawab damarbanten.com, Pandu Linggar Bakti– selaku pelaksana pembangunan– mengatakan,  masyarakat yang belum mengerti proyek ini akan diberikan informasi dan edukasi sehingga nantinya bisa memahami arti penting pembangunan intake di Ciujung.

“Long storage ini dibangun  untuk meningkatkan kualitas air di Serang utara agar bisa menjadi lebih bagus, Ini kan mencakup 3 Kecamatan di Pontang, Tirtayasa, dan Tanara.” jelasnya,

Masalah Limbah

Sementara itu, menanggapi kekhawatiran warga, terkait pengaliran air dari Sungai Ciujung Baru yang tercemari limbah industri, ke Sungai Ciujung Lama, Bima Ragil menjelaskan, pembangunan intake di Sungai Ciujung dimaksudkan untuk mensuplai air di sungai Ciujung lama yang belum ada sumbernya, Diakuinya, air  di Sungai Ciujung Baru nantinya dialirkan ke Sungai Ciujung lama, tetapi pengaliran itu hanya dilakukan pada musim penghujan, di saat debit airnya tinggi, dan konsentrasi limbahnya jauh berkurang.

“Air Sungai Ciujung Baru ketika musim penghujan itu sudah ada uji laboratoriumnya,  dan hasilnya layak digunakan karena konsentrasi limbahnya sudah jauh berkurang akibat tercampur dengan banyaknya kiriman air dari hulu,” jelasnya..

Lebih lanjut, Bima memaparkan, saat musim kemarau, posisi  air di long storage  lebih tinggi dibandingkan dengan air yang disungai. Kalaupun  pintunya dibuka, air yang masuk ke Sungai Ciujung Lama itu hanya bisa terisi dari long storage, bukan dari Sungai Ciujung Baru. Sebaliknya pada musim kemarau, ketika konsentrasi limbah di Sungai Ciujung Baru cukup tinggi, airnya tidak akan bisa mengalir ke Sungai Ciujung Lama.

Dijelaskannya pula, air yang ditampung di long storage tidak langsung digunakan oleh masyarakat, melainkan harus dibawa ke PDAM terlebih dahulu, untuk diolah lebih lanjut agar airnya layak digunakan masyarakat.

Penulis: Iqbal

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Apa pendapat anda tentang berita diatas

- Advertisement -spot_img

PALING SERING DIBACA

- Advertisement -spot_img

Terkini

%d blogger menyukai ini: